UAS RISET MEDIA BUYING
Nama : Muhammad arief maulana Aziz
Kelas : RMB B
NIM : 18107030113
Kelas : RMB B
NIM : 18107030113
DESA WISATA KEMBANG
ARUM TURI SLEMAN
Latar belakang :
Desa Wisata Kembang Arum ini adalah desa yang telah diresmikan
pada pertengahan tahun 2005, Pemandangan
di Desa Wisata Kembang Arum yang bersih dan tertata rapi membuat para
pengunjung betah berlama lama disini. Suasana yang ada sangat tenang dengan
perumahan tradisional, pemandangan yang asri dan juga udara yang segar.
Desa Wisata Kembang Arum ini menawarkan wisata edukasi dan
alam sebagai sajian untuk para pengunjung. Desa wisata ini manfaatkan tanah
seluas 22 hektar yang terdiri dari tanah warga, kas desa dan sanggar pratista.
Pak Hery Kustriyatmo sebagai pengelola mampu menggerakkan ekonomi lokal dengan
merespon potensi alam yang telah ditata dengan indah sehingga desa ini sudah
didatangani sekitar 65.000 orang baik lokal maupun mancanegara.
Kegiatan kegiatan yang ada dalam desa wisata ini banyak
melibatkan peran masyarakat setempat untuk berpartisipasi secara aktif. Dengan
melibatkan masyarakat secara langsung, hal ini menjadikan warga lokal sebagai
tuan rumah di negerinya sendiri serta mampu menciptakan rasa memiliki terhadap
desanya sendiri. Paket acara wisata yang masuk dalam agenda kegiatan Desa
Wisata Kembang Arum pun juga berasal dari kegiatan sehari hari warga yang
dilakukan secara inisiatif oleh warga sekitar sendiri.
Di Kembang Arum ini juga terdapat fasilitas Outbound yang
baik untuk anak anak karena mereka akan diajak untuk bergerak sekaligus
memaksimalkan penggunaan otak kanan dan kiri. Dari Outbound para pengunjung
dapat mengenali karakter seseorang apakah penuh motivasi, memiliki jiwa
kepemimpinanm pantang menyerah, dan lain sebagainya. Beberapa permainan
tradisional yang ada disini diantaranya egrang, engklak, dakon, gobak sodor,
dan lain lain.
Selain itu pada saat musim tanam padi tiba, para pengunjung
juga dapat menikmati edukasi dan terlibat langsung dalam kegiatan mengolah
sawah seperti membajak sawah dan menanam padi. Pengalaman bercocok tanam
langsung dari sawah dapat menjadikan pengalaman yang unik dan menarik terutama
bagi generasi muda, terutama untuk menghargai makanan yang telah tersedia di
atas meja.
Analisis SWOT
1.
Kekuatan
a.
Progam yang disajikan oleh desa wisata kembang
arum sangat asik dan menarik
b.
Kebersihan desa wisata tersebut sangat bersih
dan tertata rapi
c.
Fasilitiasnnya sangat memadai
2.
Kelemahan
a.
Sungai setelah dinormalisasi karena memng musim
kemarau panjang jadi debit sungai kecil. Dulu terawat dan ter tangani dengan
baik
3.
Peluang
a.
Wisata atau wahana yang ditawarkan
menarik sehingga kerap diminati untuk semua umur terutama untuk anak
– anak
4.
Ancaman
a.
Di daerah yang sama terdapat desa wisata yang
serupa sehingga dapat sebagai persaingan
b.
Banyak orang-orang yang ingin membeli tanah
untuk dijadikan hunian pribadi dirasa sedikit menganggu perkembangan desa
wisata kembang arum.
Insight
Desa Wisata Kembang Arum ini menawarkan wisata edukasi dan
alam sebagai sajian untuk para pengunjung. Desa wisata ini manfaatkan tanah
seluas 22 hektar yang terdiri dari tanah warga, kas desa dan sanggar pratista. Secara
langsung menarik wisatawan yang sedang ingin berkreasi atau penat dengan
kegiatan mereka masing – masing tak hanya yang tua, tetapi untuk semua umur.
Positioning
Desa kembang arum ini menjual beberapa kegiatan yang sangat
asyik yang sangat pas jika dikunjungi oleh semua kalangan umum, contohnya orang tua,remaja atau anak-anak yang suka melukis, disana di sedikatan
peralatan untuk melukis, untuk keluarga juga bisa melakukan kegiatan outbond,
bercocok tanam secara langsung di desa kembang arum dan disediakan permainan
tradisional.
Motto Desa kembang arum
“Datang senang pulang tambah pintar “
Big Idea
a.
Desa wisata kembang arum menawarkan beragam
jenis permainan yang dapat untuk refreshing
b.
Desa wisata kembang arum menawarkan homestay
c.
Desa wisata kembang arum dapat dijadikan
destinasi wisata untk melepas penat
d.
Desa Wisata kembang arum menawarkan perpustakan
wisata
Potensi desa wisata
a.
Desa Cokro Tulung terletak di daerah DIY
depatnnya di sleman turi yang suasana
nya cukup sejuk sehingga masyarakat dapat berwisata dengan menghirup udara yang
sejuk
b.
Memiliki banyak homestay yang ditawarkan
c.
Memiliki event outbond yang bisa digunakan untuk
para komunitas – komunitas
Permasalahan
a.
Kurang adannya inovasi yang baru sehingga dapat
membuat masyarakat bosan dengan kegiatan yang di sedikan di kembang arum
b.
Lokasi yang sangat lumayan cukup jauh dari
perkotaan
Tujuan desa wisata
a.
Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk
membangun desa wisata
b.
Meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia)
c.
Meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar
d.
Mengutamakan kualitas Desa wisata dibandingkan
Kwantitas
dSegmentasi
a.
Demografis Keluarga : Dari segala tingkat usia,
karna permainan yang cenderung mudah dan hanya mengutamakan kekompakan tim.
b.
Geografis : Masyarakat kota, Pelajar, wisatawan
luar daerah dan luar negeri
c.
Psikografi : Secara psikologis adalah masyarakat
kota yang jenuh dengan suasana perkotaan dan menginginkan nuansa alam dan
pedesaan yang berbeda dari rutinitas kota sehari-hari.
Sasaran
a.
Semua Umur
b.
Masyarakat di daerah desa wisata kembang
arum
c.
Masyarakat DIY
d.
Masyarakat Luar Daerah
e.
Masyarakat Luar Negri
Rencana Progam Kegiatan
a.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan
pemberdayaan masyarakat
b.
Peremajaan sector media (website dan social
media)
c.
Menambah kegiatan yang ada sesuai zaman
Komentar
Posting Komentar