UAS RISET MEDIA BUYING

Nama : Muhammad arief maulana Aziz
Kelas : RMB B
NIM : 18107030113




DESA WISATA KEMBANG ARUM TURI SLEMAN



Latar belakang :


Desa Wisata Kembang Arum ini adalah desa yang telah diresmikan pada pertengahan tahun 2005,  Pemandangan di Desa Wisata Kembang Arum yang bersih dan tertata rapi membuat para pengunjung betah berlama lama disini. Suasana yang ada sangat tenang dengan perumahan tradisional, pemandangan yang asri dan juga udara yang segar.

Desa Wisata Kembang Arum ini menawarkan wisata edukasi dan alam sebagai sajian untuk para pengunjung. Desa wisata ini manfaatkan tanah seluas 22 hektar yang terdiri dari tanah warga, kas desa dan sanggar pratista. Pak Hery Kustriyatmo sebagai pengelola mampu menggerakkan ekonomi lokal dengan merespon potensi alam yang telah ditata dengan indah sehingga desa ini sudah didatangani sekitar 65.000 orang baik lokal maupun mancanegara.

Kegiatan kegiatan yang ada dalam desa wisata ini banyak melibatkan peran masyarakat setempat untuk berpartisipasi secara aktif. Dengan melibatkan masyarakat secara langsung, hal ini menjadikan warga lokal sebagai tuan rumah di negerinya sendiri serta mampu menciptakan rasa memiliki terhadap desanya sendiri. Paket acara wisata yang masuk dalam agenda kegiatan Desa Wisata Kembang Arum pun juga berasal dari kegiatan sehari hari warga yang dilakukan secara inisiatif oleh warga sekitar sendiri.

Di Kembang Arum ini juga terdapat fasilitas Outbound yang baik untuk anak anak karena mereka akan diajak untuk bergerak sekaligus memaksimalkan penggunaan otak kanan dan kiri. Dari Outbound para pengunjung dapat mengenali karakter seseorang apakah penuh motivasi, memiliki jiwa kepemimpinanm pantang menyerah, dan lain sebagainya. Beberapa permainan tradisional yang ada disini diantaranya egrang, engklak, dakon, gobak sodor, dan lain lain.

Selain itu pada saat musim tanam padi tiba, para pengunjung juga dapat menikmati edukasi dan terlibat langsung dalam kegiatan mengolah sawah seperti membajak sawah dan menanam padi. Pengalaman bercocok tanam langsung dari sawah dapat menjadikan pengalaman yang unik dan menarik terutama bagi generasi muda, terutama untuk menghargai makanan yang telah tersedia di atas meja.


Analisis SWOT
1.       Kekuatan

a.       Progam yang disajikan oleh desa wisata kembang arum sangat asik dan menarik
b.      Kebersihan desa wisata tersebut sangat bersih dan tertata rapi
c.       Fasilitiasnnya sangat memadai

2.       Kelemahan

a.       Sungai setelah dinormalisasi karena memng musim kemarau panjang jadi debit sungai kecil. Dulu terawat dan ter tangani dengan baik

3.       Peluang

a.       Wisata atau wahana yang ditawarkan menarik  sehingga kerap diminati untuk semua umur terutama untuk anak – anak

4.       Ancaman

a.       Di daerah yang sama terdapat desa wisata yang serupa sehingga dapat sebagai persaingan
b.      Banyak orang-orang yang ingin membeli tanah untuk dijadikan hunian pribadi dirasa sedikit menganggu perkembangan desa wisata  kembang arum.

Insight
Desa Wisata Kembang Arum ini menawarkan wisata edukasi dan alam sebagai sajian untuk para pengunjung. Desa wisata ini manfaatkan tanah seluas 22 hektar yang terdiri dari tanah warga, kas desa dan sanggar pratista. Secara langsung menarik wisatawan yang sedang ingin berkreasi atau penat dengan kegiatan mereka masing – masing tak hanya yang tua, tetapi untuk semua umur.

Positioning
Desa kembang arum ini menjual beberapa kegiatan yang sangat asyik yang sangat pas jika dikunjungi oleh semua kalangan umum, contohnya  orang tua,remaja atau anak-anak  yang suka melukis, disana di sedikatan peralatan untuk melukis, untuk keluarga juga bisa melakukan kegiatan outbond, bercocok tanam secara langsung di desa kembang arum dan disediakan permainan tradisional.



Motto Desa kembang arum
“Datang senang pulang tambah pintar “


Big Idea
a.       Desa wisata kembang arum menawarkan beragam jenis permainan yang dapat untuk refreshing
b.      Desa wisata kembang arum menawarkan homestay
c.       Desa wisata kembang arum dapat dijadikan destinasi wisata untk melepas penat
d.      Desa Wisata kembang arum menawarkan perpustakan wisata

Potensi desa wisata
a.       Desa Cokro Tulung terletak di daerah DIY depatnnya di sleman turi  yang suasana nya cukup sejuk sehingga masyarakat dapat berwisata dengan menghirup udara yang sejuk
b.      Memiliki banyak homestay yang ditawarkan
c.       Memiliki event outbond yang bisa digunakan untuk para komunitas – komunitas

Permasalahan
a.       Kurang adannya inovasi yang baru sehingga dapat membuat masyarakat bosan dengan kegiatan yang di sedikan di kembang arum
b.      Lokasi yang sangat lumayan cukup jauh dari perkotaan

Tujuan desa wisata
a.       Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membangun desa wisata
b.      Meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia)
c.       Meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar
d.      Mengutamakan kualitas Desa wisata dibandingkan Kwantitas


dSegmentasi
a.       Demografis Keluarga : Dari segala tingkat usia, karna permainan yang cenderung mudah dan hanya mengutamakan kekompakan tim.
b.      Geografis : Masyarakat kota, Pelajar, wisatawan luar daerah dan luar negeri
c.       Psikografi : Secara psikologis adalah masyarakat kota yang jenuh dengan suasana perkotaan dan menginginkan nuansa alam dan pedesaan yang berbeda dari rutinitas kota sehari-hari.

  
Sasaran
a.       Semua Umur
b.       Masyarakat di daerah desa wisata kembang arum
c.       Masyarakat DIY
d.       Masyarakat Luar Daerah
e.      Masyarakat Luar Negri

Rencana Progam Kegiatan
a.       Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat
b.      Peremajaan sector media (website dan social media)
c.       Menambah kegiatan yang ada sesuai zaman


Komentar

Postingan Populer