Live IG @kawanrama + @yogie_bartholomaeus "BANTUL BERDIRI DENGAN LOKALITASNYA"
BANTUL BERDIRI DENGAN LOKALITASNYA
Dalam sebuah
siaran langsung yang dilakukan di instagram, @kawanrama mengundang owner dari Towilfielts
yang bernama mas yogie atau @yogie_bartholomaeus yang berbicara tentang “Superkreativitas
itu Lokalitas”. Mas yogie bisa berbicara seperti itu karena, bahwa banyak sisi
kreatifitas di daerah Bantul yang perlu dunia tau dan dapat dimanfaatkan atau dipasarkan mulai dari
industry tekstil, anyaman, sandang, pangan, kerajinan dan lain-lain yang bisa
untuk dipasrkan di kancah nasional maupun internasional.
Banyak orang
mengatakan bahwa bantul adalah daerah pinggiran,di bandingkan daerah lain
seperti sleman. Padahal di bantul itu banyak sisi kreativitasnnya dan dapat
ditunjukan di kancah dunia serta mempunyai potensi yang sangat besar maka dari
itu perlunnya design. Coba dibayangkan semisal bantul adalah brand yang untuk
di promosikan Proyek ini akan fokus untuk mengupas Bantul dari kacamata brand.
Nantinya benang merah dari proyek ini adalah solusi sosial.
Kendala untuk
mewujudkan ide itu menurut mas yogie adalah, kesadaran para anak muda Bantul
tentang potensi ini cukup rendah. Bantul sendiri dalam hal advertising masih
tertinggal jauh dan masih menggunakan cara-cara konvensional. Belum ada
kesadaran untuk beralih menggunakan media sosial yang jangkauan audiens lebih
luas dan lebih hemat biaya.
Kendala
lainnya adalah banyak dari anak muda Bantul yang mahir desain, pinter riset,
dan lain-lain yang terlalu berorientasi pada money apabila
diajak mengerjakan suatu proyek kreatif. Komisi yang
diberikan seringkali tidak sebanding dengan karya yang dihasilkan ungkap mas
yogie.
Kabupaten
bantul dengan segudang kearifan lokalnnya sudah mulai merangkak untuk berjalan
ke dunia yang lebih luas. Dengan adannya diskusi ini anak muda bisa memanfaatkan
kearifan lokal di daerah yang di perkenalkan melalui media sosisal secara
maksimal.
Komentar
Posting Komentar